Temui Aldhea Azarina Bharata, siswi SD asal Banyuwangi yang berhasil meraih dua medali emas Kejuaraan Dunia Karate di Portugal

Banyuwangi – Aldhea Azarina Bharata (11) meraih dua medali emas pada Miko World Karate Championship (Maia International Karate Open), di Kota Maia, Portugal, pada 2-3 Desember 2023.

Bocah yang akrab disapa Dhea itu masuk kategori U-12. Aldhea menjadi https://pilaza.com/ satu-satunya orang Indonesia yang mengikuti dua perlombaan sekaligus, yakni Kata (jurus) dan Kumite (tarung). Dhea memenangkan persaingan dengan dua nomor tersebut.

Dhea merupakan siswa kelas 6 SDN 1 Mojopanggung Banyuwangi. Ibu Aldhea, Rina Mayasari (40), mengatakan putrinya sudah mengikuti klub karate sejak kelas dua sekolah dasar. Sebelum dikirim mewakili Indonesia di kompetisi internasional kali ini, Aldhea pernah menjuarai kompetisi karate tingkat regional.

Semasa kecilnya, Dhea yang merupakan adik dari dua bersaudara ini sering berlatih dan mengikuti berbagai perlombaan, mulai dari tingkat daerah hingga nasional. “Awalnya sekolah mengikuti lomba karate di tingkat daerah, kemudian di tingkat daerah, kemudian di tingkat nasional.”

Alhamdulillah kita juara pertama sampai dikirim ke tingkat internasional,” kata Rina. Rina tampaknya pergi dengan Aldhea. Dia mengatakan itu mengejutkan bahwa saya menonton pertandingan dan media hidup yang dilihatnya melalui telepon. “Takut banget. Ya, baru kali ini dia memulai karir karate tanpa keluarga,” ujarnya.

Pelatih Aldhea, Firda Dian Pramana dari FDP Karate Indonesia Dojo Banyuwangi mengatakan, pertandingan akan digelar pada Minggu, 3 Desember 2023. Saat itu, Dhea akan langsung mengikuti dua nomor pertandingan, yakni Kata dan Kumite. Firda menuturkan, “Pada kedua nomor perlombaan tersebut, Dhea berhasil menjadi pemenang dan mengantongi medali emas.

Untuk review kompetisi Kata Karate, Dhea mendapat nilai tertinggi dari para juri. Sedangkan pada angka Kumite, taraf adalah banyaknya pukulan dan pukulan yang mengenai lawan.

Alhamdulillah Dhea bisa memberikan yang terbaik selama pertandingan, ujarnya. Sebelumnya, untuk persiapan kompetisi, Aldhea telah menyelesaikan program Training Center (TC) di Pusat Latihan Nasional (Pelatnas) Jakarta pada tanggal 4 hingga 15 November 2023.