Sosialisasi Kesadaran Untuk Bahaya Mengisap Siswa Bagi Kesehatan

Pembahasan :
Untuk mencegah siswa menjadi perokok pemula dan melindungi kesehatan mereka, tim PKM UPN “Pejuang” Jakarta menyelenggarkan penigkatan kesadaraan akan bahaya mengisap rokok sebagai format pegabdian terhadap masyarakat. Sosialisasi ini berlangsung pada tanggal 14 Mei 2024 di SMPN 87 Jakarta. Sasaran dari kegiatan ini yakni pelajar kelas 9 SMP dan mahasiswa.

Dalam menempuh hasil yang diinginkan, Regu PKM memberikan pemahaman melewati cara pembicaraan golongan dengan pemaparan materi mengenai bahaya mengisap rokok, video tentang bahaya mengisap rokok, serta mengisi pretes dan postes.

Pemaparan materi digunakan untuk memberi tahu pengertian, kandungan rokok atau vape (rokok elektrik), bahaya hotelcolonialmanizales.com rokok atau vape (rokok elektrik), penyakit imbas rokok atau vape (rokok elektrik), upaya pecegahan, berhenti mengisap rokok atau vape (rokok elektrik), undang-undang rokok, model gambar organ tubuh imbas rokok atau vape (rokok elektrik), dan video edukasi bahaya rokok serta vape yang perlu dipahami dan diatur oleh siswa mengenai akan bahayanya mengisap rokok.

Dengan dilaksanakan penyampaian cara pembicaraan golongan ingin kans pemahaman kesadaran akan bahaya mengisap rokok tersampaikan secara terperinci. Kerja PKM dilaksanakan satu hari.

Pada hari pengerjaan PKM, di awali tim PKM memberi tahu diri terhadap siswa dan siswi kelas 9 SMPN 87 lalu menjalankan doa bersama sebelum menjalankan kegiatan sosialisasi. Pada kegiatan berikutnya mengisi link pretest yang bertujuan untuk mengevaluasi tingkat awal pemahaman siswa mengenai akan bahayanya mengisap rokok.

Selanjutnya, pemaparan materi melewati tiga orang penyaji, Materi yang disajikan mengenai pengertian rokok, kandungan rokok, imbas dan solusi pencegahan mengisap rokok, undang-undang mengenai rokok.

Ditengah-tengah penyampaian materi, tim penyaji kadang-kadang berinteraksi dengan para siswa serta menanyakan apa yang sudah disajikan agar para siswa lebih memahami materi yang disajikan serta memperlihatkan video edukasi tentang bahaya mengisap rokok.

Sesudah penyampaian materi selesai tim PKM menjalankan sesi tanya jawab mengenai materi yang sudah disajikan. Aktivitas berikutnya tim PKM menjalankan kegiatan games serta memberikan hadiah untuk mengapresiasikan siswa/i yang sudah berani aktif.

Aktivitas berikutnya, siswa/i menjalankan postest untuk mengenal kemampuan siswa/i sesudah menjalankan pemaparan materi tentang bahayanya mengisap rokok. Aktivitas berikutnya kami lakukan yakni menjalankan penambahan games dan menjalankan sesi dokumentasi dengan siswa/i. Lalu terakhir dilanjutkan dengan pemberian sertifikat penghargaan terhadap SMPN 87 Jakarta.