Petugas Dishub Terbawa di Kap Mobil Avanza, Ini Bahayanya

Di media sosial viral petugas Dishub DKI Jakarta terbawa di kap mobil Avanza. Dari sisi safety driving, ini bahayanya seseorang nemplok di kap mobil. Dalam video itu, pengendara mobil dihadang oleh petugas Dishub. Petugas Dishub berharap pengendara mobil untuk terhubung pintunya. Salah satu petugas Dishub mengancam untuk mengempiskan ban mobilnya. Sejurus kemudian, pengendara mobil Avanza itu tancap gas. Karena tak sanggup menghindar, seorang petugas Dishub nemplok di atas kap mobil yang tengah melaju.

Pengendara mobil tersebut justru meningkatkan kecepatan selagi petugas Dishub berada di atas kap mobilnya. Bahkan pemobil tersebut menyetir zig-zag hingga memicu petugas Dishub di kap mobil nyaris hilang keseimbangan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, cekcok ini dipicu oleh gesture pengendara Avanza. Ketika itu, petugas Dishub tengah jalankan monitoring parkir liar di wilayah Setiabudi. Pengendara Avanza disebut mengacungkan jari tengah ke petugas Dishub.

“Pada selagi penggebahan di Jalan Denpasar Raya, tidak benar satu pengendara mobil Avanza berwarna merah nomer kendaraan A-1679-YG merekam dan mengacungkan jari tengah ke semua petugas. Pengendara tersebut melintas sebanyak empat kali di wilayah tersebut, sambil mengacungkan jari tengah ke petugas,” sadar Syafrin.

Petugas Dishub lantas memberhentikannya. Petugas hendak bertanya maksud pengendara Avanza yang bolak-balik sambil mengacungkan jari tengah itu. Namun, pengendara tidak kooperatif dan memilih tancap gas hingga tidak benar satu petugas Dishub terbawa di kap mesinnya.

Baca juga:

Luhut Sebut Jokowi Akan Kenalkan Presiden Terpilih 2024 ke Pemimpin Dunia

Kocak! Viral Para Pria Jurusan Tari Saat Pentas, Sanggulan Tapi Berjenggot

Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana,mengatakan sewaktu-waktu petugas Dishub yang terbawa di kap mesin mobil tersebut sanggup saja terjatuh.

“Kap mesin biasanya flat, licin dan bersudut ke depan. Orang yang berada di situ dalam posisi telungkup sama sekali selagi kendaraan berjalan tidak punya pegangan yang kuat, paling hanya bersangga terhadap wiper. Kalau digas konsisten direm mendadak atau dibelok-belokkan setirnya, pasti terlempar orangnya. Itu fatal bener,” sadar Sony.

Di sisi lain, Sony terhitung mengomentari petugas Dishub yang memaksa pengendara terhubung pintu mobilnya. Menurutnya, petugas sebaiknya jalankan peneguran dengan sopan.

“Petugas punya aturan-aturan dan batasan-batasan dalam bertindak. Kalaupun jalankan peneguran kudu dengan sopan, nggak boleh terhitung arogan dengan menyebabkan kerusakan atau maksa dambakan masuk ke dalam kabin. Ini justru kayak preman dan membuat tidak simpatik. Tunjukkan profesionalitas sebagai petugas yang berkompeten,” sebutnya.