Manfaat Mandi Pagi Untuk Kesahatan Tubuh, Jangan Malas Mandi Pagi!!

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai aktivitas. Udaranya mengandung zat yang larut bersama air. Karena inilah mandi di pagi hari bisa memberikan manfaatnya tersendiri bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan produktivitas. Alasannya, karena paparan air yang menyentuh kulit bisa membuat tubuh dan pikiran lebih cepat ‘terbangun’.

Ditambah lagi, paparan air dingin juga mampu mendukung metabolisme tubuh agar suhu tubuh tetap stabil. Jika dilakukan secara rutin, mandi pagi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh keseluruhan.

Apa Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan Tubuh?

Salah satu cara agar tubuh lebih segar dan bersemangat sepanjang hari adalah dengan mandi di pagi hari. Sayangnya, karena terburu-buru atau tidak menyukai air dingin, beberapa orang lebih memilih untuk melewatkan aktivitas ini.

Padahal, terdapat beragam manfaat mandi pagi yang sayang untuk dilewatkan, misalnya:

1. Meningkatkan energi

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One, menyebutkan bahwa dorongan energi yang didapat saat mandi pagi hampir sama dengan energi yang didapat setelah mengonsumsi kafein.

Ini dikarenakan saat air dingin menyentuh kulit, tubuh akan meresponsnya dengan “bernapas” karena adanya asupan oksigen di dalam kulit. Alhasil, darah akan terpompa cepat ke seluruh tubuh dan detak jantung meningkat, sehingga membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

2. Memperbaiki suasana hati

Mandi adalah kebiasaan hidup sehat yang tidak hanya membersihkan tubuh, melainkan juga pikiran. Kegiatan ini dapat menstimulasi titik biru di otak yang merupakan sumber noradrenalin. Ini merupakan zat kimia organik dalam otak yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stres dan depresi.

Selain itu, ketika terjadi kontak antara kulit dengan air dingin saat mandi pagi, secara otomatis tubuh akan memproduksi hormon endorfin. Adanya hormon tersebut dapat mengurangi rasa sakit, memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia.

Penelitian Physical and mental effects of bathing: A Randomized intervention study yang dipublikasikan Hindawi menemukan, berendam mampu mengurangi ketegangan, kecemasan, dan kesedihan.

Aktivitas ini memengaruhi mood secara keseluruhan dengan menginduksi peningkatan aliran darah dan pembuangan sisa metabolisme. Hal ini dapat memberikan penyegaran fisik dan meningkatkan emosi positif yang berdampak pada kualitas hidup seseorang.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Air dapat memperbaiki sirkulasi dengan mendorong darah mengelilingi organ tubuh. Ketika air menyentuh tubuh, akan terjadi peningkatan kinerja arteri dalam memompa darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Kondisi ini juga dapat memicu penurunan tekanan darah dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Selain itu, manfaat mandi pagi lainnya juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan berbagai virus dan bibit penyakit.

4. Memperbaiki kondisi kulit dan rambut

Jika sering mengalami kulit kusam dan rambut rontok, kamu bisa mencoba mandi pagi secara rutin. Cara ini dapat menjaga melembapkan dan mengencangkan pori-pori, kulit kepala. Dengan begitu, dapat mencegah kotoran masuk yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit.

5. Membantu meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat mandi pagi lainnya adalah meningkatkan fungsi kognitif otak. Kegunaannya dapat berupa memaksimalkan konsentrasi dan memori, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan kadar stres dalam tubuh.

6. Melancarkan peredaran darah

Mandi pagi dapat menurunkan risiko hipertensi, varises, dan mengerasnya pembuluh darah. Alasannya karena mandi pagi dapat melancarkan sirkulasi atau peredaran darah ke seluruh tubuh.

7. Meningkatkan sel darah putih

Jika sel darah putih dalam tubuh meningkat, hal ini sejalan dengan kemampuan daya tahan tubuh dalam melawan virus. Tubuh menjadi lebih prima dan tidak mudah terserang berbagai penyakit.

8. Meningkatkan kesuburan

Mandi pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Kondisi ini alhasil dapat meningkatkan kesuburan dan gairah seksual.

9. Mengurangi tingkat stres

Manfaat mandi pagi selanjutnya adalah menurunkan tingkat stres. Dengan mulai membasahi tubuh dengan air di pagi hari, cara ini bisa meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Dengan begitu, kadar stres berlebihan bisa menurun.

10. Terhindar dari rematik

Mencegah rematik jadi manfaat mandi pagi yang terakhir. Jika mandi malam dapat memicu masalah ini, berbeda dengan mandi pagi. Alasannya karena di dalam air pagi hari terkandung karbondioksida yang berbeda pada malam hari.

11. Menyehatkan kulit

Apa manfaat mandi pagi untuk kulit? Ternyata, aktivitas yang satu ini bisa membuat kulit terasa lebih kenyal dan tidak kering. Jika kamu melakukannya secara rutin, kegiatan ini dapat membantu menghilangkan lingkar hitam di bawah mata atau mata panda.

Baca Juga : Beberapa Kandungan Gizi Yang Sangat Penting Yang Di Butuhkan Oleh Tubuh

Masih dalam penelitian yang sama, yaitu Physical and mental effects of bathing: A Randomized intervention study yang dipublikasikan dalam Hindawi menyebutkan, merendam tubuh dalam suhu sekitar 40 derajat Celsius dapat meningkatkan aliran darah. Kegiatan ini dapat memasok lebih banyak oksigen dan nutrisi ke perifer. Cara ini mampu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Tak hanya pagi hari, kamu juga perlu mandi setelah beraktivitas di luar ruangan. Klik artikel ini, yuk, untuk mengetahui penjelasan lebih lanjutnya “Pentingnya Langsung Mandi Usai Beraktivitas di Luar Rumah”.

Beragam Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin

Jika mandi pagi dilakukan menggunakan air dingin, maka manfaatnya dapat berupa:

1. Penurunan intensitas gejala depresi

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mandi air dingin selama 5 menit sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Paparan air dingin pada tubuh dapat memicu pelepasan endorfin, yakni hormon yang meningkatkan perasaan bahagia.

2. Tidak susah bangun tidur

Jika kamu adalah orang yang sangat sulit bangun tidur, mandi pagi dengan air dingin bisa jadi solusi. Saat terpapar suhu dingin, tubuh akan mengalami peningkatan detak jantung dan oksigen. Dengan begitu, tubuh langsung terjaga dan rasa kantuk pun hilang seketika.

3. Melawan berbagai penyakit

Manfaat mandi pagi selanjutnya adalah meningkatkan produksi sel darah putih (leukosit). Sel darah tersebut memiliki peran penting dalam tubuh untuk melawan infeksi. Dengan mandi pagi, tubuh dapat dengan sendirinya mampu melawan berbagai serangan penyakit, seperti flu dan pilek.

Kebiasaan mandi pagi mendatangkan banyak manfaat baik bagi tubuh. Lalu, bagaimana dengan mandi malam? Klik artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut “Sering Mandi Malam, Apakah Berbahaya?”.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Saat pertama kali mencoba mandi pagi dengan air dingin, tubuh akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan suhu normalnya. Namun, jika hal ini sudah sering dilakukan, manfaat lain yang muncul adalah meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

5. Meredakan nyeri otot

Manfaat mandi pagi dengan air dingin yang terakhir adalah meredakan nyeri otot setelah beraktivitas. Kegunaan ini bisa kamu rasakan dengan berendam atau mandi dengan air bersuhu 10 sampai 15 derajat Celsius selama 15 menit.

6. Meringankan stres

Mandi dengan air dingin meningkatkan glutathione, yakni jenis antioksidan di dalam tubuh. Nutrisi ini dapat menurunkan tingkatan stres dalam tubuh sekaligus memaksimalkan kinerja kekebalan tubuh.

7. Meningkatkan kewaspadaan

Air dingin dapat membuka jalan pernapasan dan memaksimalkan kandungan oksigen di dalam tubuh. Akhirnya, detak jantung jadi meningkat dan peredaran darah berjalan lebih lancar. Cara ini mampu meningkatkan kewaspadaan dan tendangan energi untuk mulai beraktivitas.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat mandi pagi di atas, pastikan suhu air sudah sesuai dengan kondisi tubuh, ya! Jangan sampai terlalu dingin, karena hal ini berpotensi memicu hipotermia.  Meski mandi menyehatkan, ternyata, aktivitas ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Sebab, “Ini Dampak Terlalu Sering Mandi untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh”.