Kenal Penyebab, Gejala, dan Penanganan Stevens-Johnson Syndrome (SJS)

Jakarta Ruam dan kulit melepuh yang terjadi slot di sebagian zona tubuh seperti bibir atau mukosa mulut, wajah, punggung, mukosa mata, malah hingga ke organ kelamin yakni reaksi alergi yang disebut dalam istilah kedokteran Stevens-Johnson Syndrome (SJS). Menurut Dokter Ahli Kulit dan Kelamin, Aesthetic Center dari RS EMC Sentul, dr. Syahriani, Sp.DVE, M.Kes., FINSDV, SJS yakni kelainan kulit dan selaput lendir yang diakibatkan oleh suatu reaksi alergi kepada obat atau infeksi.

Selaput lendir atau mukosa pada lazimnya terdapat pada bagian dalam dari saluran pernapasan, pencernaan, saluran reproduksi, dan organ lainnya. Sindrom ini pertama kali ditemukan pada 1922 sebagai penyakit yang dapat menyerang siapa saja serta termasuk keadaan yang cukup serius. SJS, dr. Syahrani melanjutkan, terjadi akibat reaksi hipersensitivitas tubuh kepada obat atau infeksi.

Penyakit hal yang demikian yakni keadaan gawat darurat yang sepatutnya mendapatkan penanganan dan rawat inap di rumah sakit. Kondisi ini dapat disembuhkan dengan menyembuhkan penyebab dasar atau segera menghentikan konsumsi obat-obatan yang berpotensi menyebabkan SJS, guna mencegah komplikasi yang mungkin timbul. Kecuali itu, keadaan kulit dapat benar-benar sembuh kurang lebih berminggu-pekan hingga berbulan-bulan, tergantung dari tingkat keparahan.

Penyebab Stevens-Johnson Syndrome
Pada orang dewasa, Stevens-Johnson Syndrome dapat disebabkan oleh alergi obat berikut ini:

Obat penurun panas
Obat asam urat
Obat pereda nyeri
Obat antibiotik
Obat antivirus
Obat antikejang
Obat herbal seperti obat pelangsing
Sementara pada buah hati-buah hati, SJS lebih kerap kali dipicu oleh infeksi virus, maupun alergi obat. Melainkan, pada kasus yang jarang terjadi, keadaan ini juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Sebagian infeksi virus yang dapat menyebabkan Stevens-Johnson Syndrome yakni:

Pneumonia
HIV
Hepatitis A
Gondongan
Influenza
Penyakit Bornholm
Herpes