Karateka Indonesia Ukir Sejarah Baru di WKF World Karate Championship

Yogyakarta – Karateka Indonesia Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung baru saja mengukir sejarah sebagai atlet karate perempuan pertama dari Indonesia yang berhasil meraih medali di kejuaraan dunia WKF World Karate Championship 2023 di Budapest, Hungaria sebagian waktu lalu.

Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung berhasil mengamankan medali perunggu seusai menaklukkan lawannya wakil Jerman, Shroeter Mafeliene dengan skor 4-0. Kemenangan gadis jelita kelahiran 24 Juni 1999 itu ketika tampil di nomor kelas wanita 68 kg.

Prestasi ini malah membikin Ceyco menorehkan slot minimal depo 10k sejarah pula sebagai atlet kedua dari Indonesia yang sanggup naik podium di kejuaraan dunia karate. Sebelumnya, nama Donny Dharmawan lebih dulu meraih medali di kancah serupa pada 2006 silam, ketika itu ia meraih podium ketiga.

Ceyco mengawali kariernya sebagai atlet pelatnas semenjak tahun 2017 silam. Dia sempat diproyeksikan sebagai atlet yang membela Indonesia di kancah SEA Games 2017.

Berkat kesanggupannya ketika itu, Ceyco malah berhasil menembus Timnas Indonesia lagi untuk kancah olahraga multievent terbesar di benua Asia, Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Melainkan, Ceyco masih mesti menunda untuk meraih medali pada kancah tersebut. Pasalnya, ia sudah lebih dulu gugur ketika beradu di babak pertama dari wakil Vietnam Nguyen Thi Ngoan.

Kekalahan pahit itu terbukti membawanya melangkah jauh. Ceyco terus menempa diri supaya bisa berprestasi di kancah-kancah lainnya. Sederet kejuaraan tingkat nasional malah internasional berhasil diraihnya.

Dahulu ketika usianya belum genap 18 tahun, perempuan berdarah Batak ini merupakan sempat juara WKF 2016 Junior kelas kumite +59 kg yang berlangsung di Indonesia.

Tentunya sederet prestasi itu mesti ia bayar dengan waktu yang dicurahkannya untuk berlatih. Semasa masih duduk di kursi sekolah, Ceyco sudah banyak menyita waktunya, terpenting ketika SMA.

Melainkan, hasil tersebut kini berbuah manis. Prestasi demi prestasi mulai menghampiri. Selanjutnya Ceyco kini mengincar supaya bisa tampil di kancah yang lebih tinggi.