Cara Menjaga Paru-paru Tetap Sehat dan Kuat

Paru-paru, jantung, persendian, dan anggota tubuh lainnya, menua bersamaan waktu. Organ-organ selanjutnya bisa jadi tidak cukup fleksibel dan kehilangan kekuatannya. Tetapi, bersama dengan mengadopsi tradisi sehat tertentu, kami bisa memelihara kebugaran organ-organ tubuh, termasuk paru-paru, sehingga bisa bekerja secara optimal lebih-lebih hingga umur lanjut.

Cara memelihara paru-paru selalu sehat

Melansir Healthline, selanjutnya adalah berasal dari satu} langkah untuk memelihara paru-paru sehingga selalu sehat dan kuat.

1. Jangan merokok

Sudah bukan rahasia kembali bahwa merokok bisa meningkatkan judi bola risiko kanker paru-paru. Namun, itu bukan cuma satu penyakit yang bisa ditimbulkan dari merokok. Merokok dikaitkan bersama dengan berasal dari satu} besar penyakit paru-paru, termasuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), fibrosis paru idiopatik, dan asma.

Merokok termasuk mengakibatkan penyakit itu lebih parah. Selain itu, merokok mengakibatkan kira-kira 90% dari seluruh kematian akibat kanker paru-paru pada pria dan wanita.

2. Berolahraga

Selain jauhi rokok, berolahraga secara teratur termasuk merupakan perihal penting yang bisa dilaksanakan untuk memelihara kebugaran paru-paru. Sama layaknya olahraga yang memelihara wujud tubuh, olahraga termasuk memelihara wujud paru-paru.

Saat berolahraga, jantung berdetak lebih cepat, dan paru-paru bekerja lebih keras. Tubuh butuh lebih banyak oksigen untuk memberi bahan bakar pada otot. Paru-paru meningkatkan aktivitasnya untuk mengantarkan oksigen sambil mengeluarkan karbon dioksida tambahan.

Menurut sebuah artikel tahun 2016, saat berolahraga, pernapasan meningkat dari kira-kira 15 kali per menit hingga kira-kira 40 hingga 60 kali per menit. Oleh sebab itu, penting untuk teratur lakukan latihan aerobik. Jenis olahraga ini menambahkan latihan terbaik untuk paru-paru.

Otot-otot di antara tulang rusuk mengembang dan berkontraksi, dan kantung hawa di didalam paru-paru bekerja bersama dengan cepat untuk menggantikan oksigen bersama dengan karbon dioksida. Semakin banyak berolahraga, tambah efisien paru-paru kita.

3. Hindari paparan polutan

Paparan polutan di hawa bisa menyebabkan kerusakan paru-paru dan mempercepat penuaan. Saat masih muda dan kuat, paru-paru bisa bersama dengan gampang melawan racun ini. Namun, bersamaan pertambahan usia, paru-paru kehilangan berasal dari satu} dari energi tahan itu dan jadi lebih rentan pada infeksi dan penyakit.

Istirahatkan paru-paru bersama dengan kurangi paparan polutan sebanyak yang kami bisa bersama dengan cara:

Menghindari asap rokok dan mengupayakan untuk tidak pergi ke luar sepanjang masa puncak polusi udara Hindari olahraga di dekat lalu lintas padat sebab kami bisa menghirup asap knalpot kendaraan Meminimalkan paparan polutan hawa di tempat kerja, bersama dengan mengambil seluruh tindakan pencegahan keselamatan yang bisa dilakukan

4. Mencegah infeksi

Infeksi bisa sangat berbahaya bagi paru-paru, lebih-lebih bersamaan pertambahan usia. Orang yang punyai penyakit paru-paru sangat berisiko terkena infeksi, yang termasuk dikenal sebagai pneumonia. Bahkan, lansia yang sehat pun bisa bersama dengan gampang terkena pneumonia kalau mereka tidak hati-hati.

Salah satu langkah untuk jauhi infeksi paru-paru adalah bersama dengan memelihara kebersihan tangan. Cuci tangan secara teratur bersama dengan air hangat dan sabun, dan jauhi menyentuh wajah. Minumlah banyak air serta makan banyak buah dan sayuran yang mempunyai kandungan nutrisi yang mendukung meningkatkan proses kekebalan tubuh.

5. Bernapaslah dalam-dalam

Kebanyakan orang miliki kebiasaan mengambil napas pendek dari tempat dada hanya bersama dengan menggunakan berasal dari satu} kecil paru-paru. Sementara itu, pernapasan didalam mendukung membersihkan paru-paru dan mengakibatkan pertukaran oksigen penuh.

Sebuah studi tahun 2016 pada 30 perokok di atas umur 65 memisah peserta jadi empat kelompok. Tiga kelompok lakukan latihan pernapasan yang tidak sama tiga kali per minggu sepanjang 6 minggu, namun kelompok pengecekan tidak lakukan latihan pernapasan.

Baca Juga : Para Generasi Milenial Antusias Ikuti Sosialisasi Edukasi Politik dan Pemilu 2024

Pengukuran 4 minggu sesudah dimulainya penelitian menunjukkan peningkatan manfaat paru-paru, yang berkurang secara penting sesudah dua minggu terakhir. American Lung Association sepakat bersama dengan temuan ini bahwa latihan pernapasan bisa mengakibatkan paru-paru lebih efisien.

Untuk mencobanya, duduklah di tempat yang tenang dan bernapas perlahan lewat hidung saja. Kemudian, embuskan napas setidaknya dua kali lebih lama lewat mulut. Napas dangkal datang dari dada, saat napas lebih didalam dari perut, tempat diafragma berada. Melakukan latihan ini pun bisa mendukung meredakan stres dan mengakibatkan lebih rileks.